Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

      Komentar Dinonaktifkan pada Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening >> Salah satu jenis kanker yang paling mematikan adalah kanker kelenjar getah bening atau limfoma. Penyakit mematikan yang menyerang sistem limfatik, yakni bagian yang memiliki peranan penting didalam tubuh. Bagian tersebut berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh dan sebagai pembentuk pertahanan tubuh yang alami.

Kelenjar Getah Bening

Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening >> Dalam keadaan normal dan sehat, sistem limfatik didalam tubuh adalah satu-satunya organ yang membantu tubuh dalam menyerang kuman, virus, bakteri dan infeksi.

Sistem limfatik ini berbentuk seperti cairan yang mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfatik. Komposisi utamanya adalah protein lemak dan limfosit. Limfoma

Inilah 7 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah BeningKetika sistem limfatik dalam keadaan yang abnormal, maka tubuh akan sangat mudah dalam terkena virus, bakteri dan infeksi, sehingga sel kanker pun akan sangat mudah tumbuh dan berkembang didalam tubuh. Kekebalan tubuh akan melemah dan tubuh itu sendiri akan mengalami kesulitan dalam melawan berbagai serangan infeksi dan penyakit.

Baca juga :

Kemoterapi Pada Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Kemoterapi pada saat ini merupakan salah satu cara pengobatan yang banyak dilakukan untuk menyembuhkan kanker kelenjar getah bening dengan cara melenyapkan kanker itu sendiri. Kemoterapi bisa dilakukan sebelum pembedahan maupun setelah pembedahan yang berguna untuk memperkecil ukuran tumor yang tumbuh.

Bisa juga dilakukan proses pembedahan ataupun sebelum radiasi yang berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masihn hidup dan berkembang didalam tubuh.

o) Mengapa Selalu Ada Efek amping Dari Kemoterapi?

Efek Samping Kemoterapi >> Mungkin anda bertanya-tanya, langkah kemoterapi sendiri dilakukan untuk menyembuhkan kanker. Akan tetapi, kenapa selalu ada efek samping buruk yang timbul? Nah kami jelaskan ya.

Perhatikan analoginya : Tubuh anda di masuki oleh racun yang sangat kuat dan kebal yang berfungsi untuk membunuh sel kanker yang membahayakan tubuh anda. Sadarkah anda, bahwa racun tersebut selain membunuh sel kanker akan berpengaruh juga pada sel normal atau sel sehat lainnya yang ada didalam tubuh. Artinya bagian tubuh anda yang normal akan ikut mengalami kerusakan, seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru dan lainnya. ( Baca juga : Gejala Dan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening )

Berikut Efek Samping Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

1. Kerontokkan Rambut

Salah satu efek samping negatif akibat kemoterapi kanker kelenjar getah bening ini adalah kerontokkan pada rambut. Kondisi ini terjadi karena sel folikel rambut sangat mudah membelah dengan cepat, seperti halnya sel kanker yang di radiasi oleh kemoterapi.

Karena tidak bisa membedakan sel sehat dan sel yang tidak sehat, maka kemoterapi ini akan menghancurkan atau membunuh kedua sel tersebut. Tidak ada cara lain untuk menumbuhkan rambut kembali.

Baca juga :

2. Penurunan Nafsu Makan yang disertai dengan Rasa Mual dan Muntah

Efek kemoterapi kedua adalah penurunan nafsu makan. Keadaan seperti ini sangat dekat dengan kondisi tubuh dehidrasi dan konstipasi. Pasien juga akan mengalami mual dan muntah, dikarenakan obat kemoterapi memang memicu untuk muntah.

Pasien kemoterapi sebaiknya diberi makan dengan porsi yang sedikit-sedikit namun berlanjut. Pasien juga akan sensiti terhadap makanan yang beraroma tajam, seperti berminyak, berlemak, pedas, asam, manis dan panas.

3. Mudah Diare

Hal ini dikarenakan pasien kemoterapi mengalami kekurangan gizi, stres dan di liputi rasa cemas.

4. Kekurangan Darah

Melakukan tindakan kemoterapi juga akan menurunkan produksi eritrosit atau sel darah merah didalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi sistem tubuh lainnya, sebab konsumsi oksigen didalam tubuh untuk organ lainnya berkurang.

Baca : Pantangan Makanan Untuk Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

5. Kulit Menjadi Kering

Selain nafsu makan dan kerontokkan rambut, kemoterapi juga menyebabkan kulit menjadi kering, terasa gatal-gatal, bersisik bahkan hingga mengelupas. Kulit juga akan sangat sensitif terkena sinar matahari. Pasien kemoterapi dianjurkan untuk tidak berada di bawah sinar matahari langsung, menghindari tempat kotor dan berdebu.

6. Muncul Alergi

Bentuk respon tubuh terhadap efek kemoterapi adalah muncul gejala alergi dan tubuh menjadi lebih hipersensitif. Sehingga pasien mengalami rasa gatal, ruam pada kulit, sulit bernafas dan terjadi pembengkakan pada lidah, bibir dan kelopak mata.

7. Iritasi Jaringan Mulut

Efek samping kemoterapi yang terakhir adalah adanya iritasi pada jaringan mulut. Hal ini menyebabkan terjadinya sariawan dan sakit tenggorokan.

Inilah 5 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening >> Itulah informasi seputar efek samping kemoterapi pada penderita kanker. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi serta pengetahuan anda dan keluarga.

Ace Maxs Ramuan Herbal Ekstrak Kulit Manggis Dan Daun Sirsak Asli Rekomendasi Terbaik Untuk Menangkal Kanker Kelenjar Getah Bening Tanpa Kemoterapi, Aman Dan Tanpa Efek Samping 100% Herbal Asli

Untuk informasi seputar Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening, Silahkan KLIK DISINI >> Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening

Posted by :

Inilah 5 Efek Samping Negatif Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

on : www.apotekherbal.web.id

Artikel Terkait Lainnya :