Jenis Operasi Glaukoma Yang Umum Dilakukan

      Komentar Dinonaktifkan pada Jenis Operasi Glaukoma Yang Umum Dilakukan

Operasi merupakan salah cara mengobati glaukoma selain obat yang diminum serta terapi laser, dan berikut ini adalah jenis operasi glaukoma yang biasa dilakukan oleh dokter.

Jenis Operasi Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu gangguan pada mata yakni tertekannya intraokular pada mata yang bisa mengakibatkan kebutaan permanen jika tidak diatasi dan diobati segera. Bahkan glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua setelah katarak.

Hal tersebut dkarenakan penyakit glaukoma dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf optik mata. Adapun gejala-gejala glaukoma dapat berupa :

  • Nyeri pada mata
  • Sakit kepala
  • Melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya
  • Mata memerah
  • Mual atau muntah
  • Mata berkabut (khususnya pada bayi)
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali

Segera periksakan kesehatan mata anda jika mengalami beberapa gejala diatas, dengan begitu maka anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat sehingga dampak buruk akibat glaukoma bisa dihindari.

Penyebab glaukoma adalah meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intraokular), baik akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun akibat terhalangnya saluran pembuangan cairan tersebut.

Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab produksi cairan mata bisa berlebihan atau kenapa saluran pembuangannya bisa tersumbat. 

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengobati penyakit glaukoma yakni dengan pemberian obat tetes mata, obat glaukoma yang diminum, terapi laser dan prosedur operasi.

Baca Juga : Pengobatan Glaukoma Tanpa Operasi

Operasi merupakan opsi terakhir yang dilakukan untuk mengobati glaukoma jika pemberian obat-obatan tidak mendapatkan dan menunjukan hasil.

Prosedur Dan Jenis Operasi Glaukoma

jenis operasi glaukomaBerikut ini adalah jenis operasi glaukoma berdasarkan urutan penerapannya secara umum yang kami kutip dari alodokter.com, yakni :

  1. Trabeculectomy. Ini merupakan jenis operasi glaukoma yang paling umum. Trabeculectomy bertujuan memperlancar aliran aqueous humour dengan cara membuang sebagian dari trabecular meshwork.
  2. Aqueous shunt implant. Ini merupakan prosedur operasi yang bertujuan memperlancar aliran aqueous humour dengan cara memasang sebuah alat kecil menyerupai selang pada mata.
  3. Viscocanalostomy. Melalui operasi ini dokter akan membuang sebagian lapisan luar berwarna putih yang menutupi bola mata (sclera) untuk meningkatkan pembuangan aqueous humour.
  4. Sclerectomy dalam. Operasi ini dilakukan guna memperlebar trabecular meshwork melalui pemasangan alat untuk melebarkan trabecular meshwork.

Nah itulah beberapa jenis operasi glaukoma yang umumnya dilakukan oleh dokter. Lalu apa efek atau dampak dari beberapa operasi tersebut ? untuk lebih jelasnya silahkan anda bicarakan dan tanyakan kepada dokter anda jika prosedur operasi dilakukan.


Operasi Bukan Satu-satunya Jalan Untuk Anda Sembuh Dari Glaukoma, Temukan Solusinya DISINI !