Makanan Penyebab Penyakit Ginjal

      Komentar Dinonaktifkan pada Makanan Penyebab Penyakit Ginjal

Makanan Penyebab Penyakit Ginjal._ Ginjal adalah organ yang paling penting yang memiliki banyak tugas ,fungsinya menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, menyerap mineral, menetralkan zat asam, dan menghilangkan toksin. Memang kedua organ tubuh ini bekerja secara bersamaan untuk berbagai kepentingan dalam tubuh kita dan salah satunya untuk menghilangkan racun dari makanan.

makanan penyebab penyakit ginjal

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal

Makanan dan minuman yang sering kita konsumsi setiap hari ternyata menjadi penyebab sakit ginjal, akan parah jika dikonsumsi secara berlebihan.  Oleh karena itu, mencegah diri untuk tidak mengalami sakit ginjal jauh lebih baik.

Makanan penyebab penyakit ginjal yang dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal :

  • Daging

Sering mengkonsumsi daging juga menjadi penyebab batu ginjal. Sebab, makanan yang terkandung banyak protein bisa menjadi salah satu pemicu tekanan pada ginjal, hal ini karena limbah protein cukup sulit dibuang tubuh. selain itu juga daging tinggi dengan asam urat yang merupakan salah satu faktor umum penyebab batu ginjal

  • Sarden

Sarden juga menjadi makanan yang dilarang jika Anda memiliki penyakit batu ginjal, Hal ini karena sarden banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi. Untuk menghindarinya, sebaiknya batasi mengkonsumsi sarden terlalu sering

  • Garam

garam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi meskipun tubuh membutuhkannya, tapi kelebihan kalsium dapat memperberat kinerja ginjal

  • Makanan dengan pemanis buatan

Makanan yang banyak terkandung pemanis buatan juga faktor terbentuknya batu ginjal, kalau makanan ini sering dikonsumsi, maka dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. pada beberapa penelitian menyatakan bahwa pemanis buatan non kalori bisa merusak fungsi pada ginjal. Untuk itu sebaiknya gunakan makanan dengan pemanis alami contohnya seperti madu.

Ada juga tambahan selain makanan penyebab penyakit ginjal ,yaitu minuman penyebab penyakit ginjal. Sebagai berikut :

  • Produk susu

Susu yang banyak mengandung kalsium memang menyehatkan bagi tubuh. Tapi tidak dengan orang yang rentan dengan batu ginjal. karena Kalsium bisa membuat ekskresi kalsium pada urine semakin meningkat, sehingga sulit limbahnya dibuang melalui urine.

  • Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein dapat memicu batu ginjal, hal ini disebabkan cafein memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi, hal ini tentunya menjadi pemicu terjadinya gagal ginjal, sebab stimulan yang ada bisa membuat organ kelelahan. Minuman yang banyak kandungan cafeinnya bisa Anda temukan pada soda, teh, dan kopi. Untuk itu dianjurkan jangan terlalu sering meminum minuman tersebut.

  • Minuman berkarbonasi

Adapun minuman yang menjadi pantangan agar terhindar dari batu ginjal adalah miuman berkarbonasi, umumnya minuman berkarbonasi dapat dijumpai pada jus kemasan, minuman energi, dan soda. Sering meminum minuman berkarbonasi memicu resiko terkena batu ginjal semakin meningkat

  • Es teh

Es Teh manis memang minuman menyegarkan idola semua orang, apalagi jika dalam cuaca panas maka konsumsi es teh manis berada di nomor satu. Tetapi kesegaran sesaat pada saat meminum es teh manis ini akan berdampak buruk bagi kesehatan hati, hal ini dapat berakibat buruk untuk hati sehingga mengganggu kesehatan ginjal.

 

Pengobatan dengan obat kimia biasanya mempunyai efek samping dan bahkan di katakan sebenarnya obat yang mengandung kimia adalah racun. Kenapa tidak? karena kimia bersifat menghentikan penyakit secara spontan tetapi mengganggu kesehatan organ lainnya.

Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Jelly Gamat QNC

Klik Cara Pemesanan

cara mengobati radang tenggorokan

Itulah beberapa makanan penyebab penyakit ginjal , Agar tidak terjadi yang tidak di inginkan, dianjurkan Anda membatasi mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Dan, jangan lupa untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari yang berguna untuk membuang limbah melalui urine, sehingga terhindar dari pembentukan gagal ginjal.