Pantangan Penyakit Rematik

      Komentar Dinonaktifkan pada Pantangan Penyakit Rematik

Pantangan Penyakit Rematik._ Rematik merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan karena memiliki sebab yang sangat menyakitkan. Penyakit yang menyerang anggota sisi sendi otot, tulang dan jaringan sekitaran sendi.pantangan penyakit rematik

Biasanya rematik ini banyak dialami oleh orang yang lanjut usia, karena faktor penurunan fungsi. Bukan berarti anak muda juga tidak bisa mengalami rematik, kalau saja anak muda tidak menjaga pola hidup yang baik. Maka tidaklah mungkin akan terkena penyakit rematik ini.

Baca Juga : Cara alami Mengobati Rematik

Jenis Penyakit Rematik

Selama ini banyak masyarakat luas yang mengira rematik itu satu jenis saja. namun siapa duga kalau penyakit rematik berbagai macam jenis, yaitu :

  • Osteoartritis.
  • Polimialga Reumatik.
  • Artritis Rematoid.
  • Artritis Gout.

Pantangan Penyakit Rematik

Dan agar penyakit ini tidak tambah parah maka tidak ada salahnya anda harus mengetahui pantangan rematik yang bisa menyebabkan gejala rematik kambuh. Terkait dengan penyakit rematik terdapat pantangan penyakit rematik untuk makanan yang harus dijauhi dan tidak bisa anda konsumsi. Untuk terlebih jelas Anda bisa memperhatikan penjelasan berikut ini :

Pantangan penyakit rematik

  1. Tomat

Dikarenakan tomat banyak mengandung purin yang dapat memicu munculnya penyakit rematik atau justru semakin memperparah kondisi penyakit rematik tersebut.

  1. Daging Merah

Karena daging merah memiliki banyak kandungan fosfor yang dapat memperbanyak kandungan fosfor dalam tubuh Anda.

  1. Kafein

Karena dalam kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi, dimana kafein tersebut dapat menguras segala nutrisi penting dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan Anda sangat rentan terkena penyakit salah satunya adalah rematik.

  1. Kacang-kacangan dan Olahannya

Berbagai macam jenis kacang-kacangan dan olahannya tidak boleh dikonsumsi leh orang yang menderita penyakt rematik. Alasannya adalah produk dari kacang-kacangan memiliki zat urin yang tinggi

  1. Jeroan

Jeroan termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi sehingga tidak mengherankan jika jeroan memiliki citarasa yang gurih. Dan dianjurkan tidak boleh dikonsumsi.

  1. Makanan Kalengan

Sayangnya makanan yang dikalengkan ini memiliki zat purin tinggi. Zat purin tinggi itu bisa menjadi penyebab mengapa orang bisa dengan mudah mengalami gejala rematik dan mengalami rematik.

  1. Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Alkohol memiliki kadar gula yang tinggi sehingga jika sering dikonsumsi bisa menyebabkan anda mudah terkena penyakit diabetes. Alkohol itu pun memiliki zat purin yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan anda akan mudah terkena penyakti rematik.

Pantangan Penyakit Rematik

  1. Santan

Sayangnya santan ini menjadi makanan pantangan bgi orang dengan penyakit tertentu. Santan mengandung zat rin tinggi, santan juga kaya akan zat kolesterol. Sehingga santan dan berbagai macam makanan yang mengandung santan tidak boleh dikonsumsi bagi orang dengan penyakt asam urat, kolesterol dan rematik.

  1. Ikan

Orang yang mengalami rematik sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis ikan seperti sarden, tuna dan juga ikan makarel.

  1. Seafood

Seafood yang harus dihindari adalah berbagai jenis kepiting dan udang. Meski rasanya manis, kepiting dan udang ini sebaiknya tidak dikonsumsi bagi orang yang mengalami asam urat dan rematik.

  1. Minuman Berpengawet

Orang yang mengalami gejala rematik sebaiknya menghindari minuman yang mengandung berpengawet dan mengandung pemanis buatan.

  1. Ragi

Makanan yang mengandung ragi dan difermentasi tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiiki rematik.

  1. Sayuran

Sayuran memang sehat untuk tubuh. Di dalam sayuran banyak sekali jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk dikonsumsi tubuh. Sayangnya ada berbagai macam jenis sayuran yang menjadi pantangan untuk penderita asam urat dan juga rematik. Diantaranya :

  • Bayam.
  • Jamur.
  • Kembang kol.
  • Kangkung.
  • Sawi.

Aktivitas Berbahaya

Tidak dari segi makanan saja yang jadi pantangan penyakit rematik, namun dari aktivitas juga ada berbagai aktivitas yang tidak boleh dilakukan. Karena aktivitas itu dapat menyebabkan gejala rematik semakin parah. Berikut pantangan rematik yang tidak boleh dilakukan :

Pantangan penyakit rematik

  • Mandi Malam.
  • Merokok.
  • Meminum Alkohol.
  • Mengangkat Beban Berat.
  • Menambah Berat Badan.

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Rematik

Kebiasaan Buruk

Dan yang terakhir ini adalah kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan (pantangan) bagi penderita rematik. Perlu disadari karena membuat kondisi penyakit rematik bisa bertambah parah ,diantaranya :

  • Duduk Terlalu Lama
  • Menjentikkan Tangan dan Melipat Jari Tangan
  • Berjalan Jauh dan Berdiri Lama
  • Bergadang
  • Mematahkan leher

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pantangan penyakit rematik. Untuk menghindari hal itu terjadi, usahakan selalu melakukan pola hidup sehat. Bagi Anda yang telah memiliki masalah penyakit rematik sangat dihimbau untuk dapat memperhatikan segi makanan dan menghindari jenis-jenis makanan seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

posted by : Pantangan Penyakit Rematik.