Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

      Komentar Dinonaktifkan pada Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu HamilWaspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil >> Tidak semua wanita menjalani kehamilan dengan lancar dan tanpa ada kendala apapun. Ada saja hal yang bisa mengganggu kondisi kesehatan ibu hamil, salah satunya adalah terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi pada saat masa kehamilan sebenarnya hal yang umum terjadi pada wanita hamil. Sekitar 10% ibu hamil mengalami kondisi hipertensi pada saat kehamilannya. Tentunya dengan penanganan yang baik, tekanan darah tinggi tidak akan membahayakan dan akan hilang atau membaik setelah kelahiran.

Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu HamilTekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi pada ibu hamil, karena disebabkan oleh hal berikut :

  • Wanita dengan hipertensi kronis (menderita tekanan darah tinggi sebelum hamil).
  • Wanita yang mengalami obesitas sebelum kehamilan.
  • Wanita hamil dibawah usia 20 atau diatas 40 tahun.
  • Wanita yang mengembangkan tekanan darah tinggi atau preeklamsia selama kehamilan sebelumnya, terutama
  • jika kondisi terjadi diawal kehamilan.
  • Wanita yang sedang hamil dengan lebih dari satu bayi.
  • Wanita dengan menderita diabetes, penyakit ginjal, lupus, rheumatoid arthritis atau skleroderma.

Akibat Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi Pada Ibu Hamil

Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang tidak segera ditangani dengan baik, maka bisa berdampak negatif pada bayi atau janin dan bahkan pada ibu hamil itu sendiri. Berikut dampak negatif darah tinggi pada ibu hamil :

Baca juga : Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  • Aliran Darah Ke Plasenta Berkurang – Akibat dari kondisi ini maka akan membuat bayi atau janin dalam kandungan tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi.
  • Terhambatnya Pertumbuhan Janin – Akibat tekanan darah tinggi pada ibu hamil, maka janin yang tidak cukup menerima oksigen dan nutrisi bisa mengalami penghambatan dalam proses pertumbuhan bayi. Bayi dapat lahir dengan berat badan yang rendah, atau lahir secara permatur.
  • Kelahiran yang Prematur – Demi menyelamatkan nyawa ibu hamil dan bayi, terkadang dokter menyarankan kelahiran bayi secara prematur. Yakni caranya dengan jalan induksi atau operasi caesar. Hal ini dilakukan guna untuk mencegah eklamsia dan komplikasi lainnya pada janin maupun ibu hamil.
  • Bayi Meninggal Di Dalam Kandungan – Salah satu bahaya yang mungkin sangat menakutkan terjadi pada ibu hamil yang menderita hipertensi yakni meninggalnya janin atau bayi didalam kandungan. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi pada masa kehamilan lima bulan atau lebih. Bayi meninggal didalam kandungan karena tidak mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan oleh bayi atau janin itu sendiri, seprrti oksigen dan nutrisi, selayaknya bayi yang dikandung oleh ibu hamil dengan tekanan darah yang normal.
  • Abrupsio Plasenta – Ini adalah suatu kondisi ketika plasenta terpisah dari dinding dalam rahim sebelum proses persalinan. Kondisi ini akan menyebabkan plasenta menjadi rusak, ibu hamil akan mengalami pendarahan yang hebat dan bisa membahayakan nyawa ibu hamil dan bayi yang dikandung.
  • Berkembangnya Penyakit Kardiovaskuler – Jika ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan sudah sampai tahap Praeklamsia, maka ibu hamil akan berisiko terkena penyakit kardiovaskuler setelah melahirkan, khususnya jika ibu hamil tersebut melahirkan bayi dengan cara prematur.

Namun tenang saja, ibu hamil bisa meminimalisir risiko ini dengan cara menjalani gaya hidup sehat usai melahirkan. Sumber : http://www.alodokter.com/waspadai-hipertensi-kehamilan-dari-sekarang

Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil >> Itulah informasi dan penjelasan mengenai bahaya darah tinggi pada ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda dan keluarga.

Pencegahan dan penanganan yang cepat dilakukan untuk menghindari dampak bahaya dari tekanan darah tinggi atau hipertensi pada masa kehamilan. Untuk itu, mulai dari sekarang terapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat serta berolahraga secara rutin dan teratur.

Untuk Informasi Seputar Pengobatan Tekanan Darah Tinggi, Silahkan KLIK DISINI >> Obat Herbal Darah Tinggi

Posted by :

Waspadai Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

on : www.apotekherbal.web.id